Wednesday, April 17, 2013

Ngantuk Yuk

Di sebuah kelompok diskusi, Tomi dan kawan-kawannya sedang membicarakan tentang tugas sekolah. DIdampingi oleh seorang guru, mereka membahas satu per satu materi yang akan diujikan esok hari. Diskusi berlangsung ramai dan antusias, mereka begitu bersemangat memberikan opini, menjawab pertanyaan dan bertanya apa yang mereka tidak tahu. Namun, setelah satu jam berlalu, Tomi yang semalam begadang nonton bola menguap dan bilan,"Ngantuk Bu..."
Ibu guru tersenyum dan bilang," Syukurlah, kamu masih bisa ngantuk Tomy"

Cerita apa coba...:D

Tapi memang benar, salah satu hal yang selama ini kerap kita anggap mengganggu, padahal sebenarnya sangat bermanfaat dan telah menyelamatkan banyak nyawa termasuk kita adalah rasa kantuk. 

Ngantuk adalah sebuah alarm bagi tubuh untuk segera mengistirahatkan diri, meski hanya sejenak, karena tubuh membutuhkannya. Coba bayangkan jika kita tidak mengalami fase mengantuk, ketika kita sedang mengendarai motor di jalan tol (emangnya bisa?) kemudian kita langsung tertidur tanpa melewati fase mengantuk.Ya, tahu sendiri kan akhirnya. Dengan adanya alarm ngantuk, kita bisa mengantisipasi, kemudian minggir dan istirahat sejenak.

Tubuh kita telah diciptakan dengan sangat sempurna, bahkan sampai detil yang seperti itu, namun apa pernah kiuta menyadarinya? Kebanyakan kita malah tidak menyukai hal ini, padahal ini adalah pertanda bahwa tubuh kita bisa bekerja dengan normal.

Tahukah kamu?
Mengantuk, adalah salah satu tanda bahwa kita adalah manusia yang bahagia. Mereka yang hatinya terhimpit rasa iri, terdesak tekanan masalah, atau terlilit hutang, ketika mereka tak mampu mengendalikan perasaan dan akhirnya mereka menjadi tak bahagia, maka tidur pun mereka tak akan bisa nyenyak.

Seperti halnya mengantuk, yang sering kita anggap hal yang mengganggu, sakit, adalah hal lain, yang sama-sama berupa alarm bagi tubuh. Ketika kita pusing, ketika kita sakit perut, ketika kita merasa demam, itu artinya tubuh sedang memberikan tanda bahwa ada yang tidak seimbang, dan harus diseimbangkan misalnya dengan makan, olahraga, atau istirahat. Tanpa adanya sakit, kita tak akan pernah tahu kalau ada yang tidak beres dalam tubuh kita.

Lagi-lagi, hal yang kita merupakan hal buruk, ternyata merupakan hal terbaik yang bisa kita dapatkan, karena Dia memang telah mengaturnya, dan Dia selalu Tahu apa yang terbaik untuk kita. Bersyukurlah, karena kita diciptakan sebagai manusia, dengan kesempurnaan yang luar biasa.

Silakan sebarkan, dan tetap positif^^
@sunanulh

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...