Tuesday, March 26, 2013

Tenanglah

"Dunia ini memang sudah dipenuhi dengan hal-hal negatif, kejahatan, pencurian, perampokan, pembunuhan, dan segala hal yang meresahkan, mulai dari ketidakadilan hukum, sampai kabar konspirasi dunia. Jadi kita tidak bisa dengan mudah percaya pada orang, kita tidak perlu membantu orang, bahkan kita tidak usah percaya kepada pemerintahan "

Itulah yang dikatakan oleh media-media saat ini. Di mana berita buruk akan lebih laku dan lebih menarik untuk dibahas. Sementara berita baik akan dicari sisi buruknya untuk dijadikan bahan pemberitaan. Hal ini secara tidak langsung mempengaruhi pola pkir kita yang menyimak, membaca, maupun menonton. Kita akan ikut terbiasa mencari celah dan kesalahan orang lain dibanding introspeksi diri. Kita akan jadi orang yang sangat mudah terbawa berita sana sini.

Namun itu adalah kita yang dulu. Kita yang masih polos dan belum punya prinsip yang jelas, yang dengan mudah diombang-ambingkan alliran informasi yang begitu cepatnya. Kini, saatnya kita mulali membenahi diri, mempertahankan prinsip, dan membrikan banyak manfaat kepada sesama manusia.

Salah satu hal yang mudah dikatakan namun sulit dilakukan adalah berfikir tenang. Mampu dengan bijak melihat segala sesuatu dari berbagai sudut pandang, dan memberikan pendapat yang jelas dan mempu memperbaikinya. Terutama saat masyarakat menyuarakan hal yang sama, memberikan pendapat yang sama-sama negatif dan penuh emosi, maka kita akan cenderung percaya dan langsung ikut menuduh padahal kita tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi.

Hal ini akan menjadi semakin sulit ketika beita negatif ini menyangkut kepentingan kita. Akan mempengaruhi bisnis, kita, bahkan akan membahayakan nyawa kita. Maka emosi akan dengan cepat tersulut jika kita tidak mampu berfikir tenang, mendinginkan kepala, dan melihat sisi positif. Akibatnya, segala peluang akan tertutup, seakan dunia jadi sempit dan gelap, dan solusi akan semakin tak terlihat, yang menyebabkan masalah menjadi semakin besar.

Kawan, ketika segala kabar, masalah, himpitan datang membebani pikiran, tenanglah. Lakukan hal ini untuk memberikan kesejukan pada hati kawan-kawan. Tarik nafas dalam-dalam, kemudian tahan beberapa detik sebelum akhirnya dikeluarkan secara perlahan. Lakukan ini sampai otak merasa lebih dingin, karena saat otak diberi asupan oksigen yang cukup, maka dia akan bisa berfikir dengan labih santai.

Kemudian, berfikir positif, karena segala hal pasti punya sisi positif dan negatif, dan di balik setiap masalah, pasti sudah tersedia solusinya. Tetap percaya bahawa yang sedang dihadapi ini, adalah cobaan yang mampu mendewasakan kita, dan tak lama lagi, pertolongan dan berita baik akan datang. Sembari menunggu, terus lakukan hal yang menurut Anda baik dan positif.

Bersyukurlah atas segala yang kita miliki dan lalui, karena ada banyak sekali hal yang kita miliki namun belum tentu bisa dinikmati oleh orang lain, syukuri masalah yang ada, karena dengan datangnya masalah, artinya kita sudah siap tuk bertumbuh, kita sudah siap untuk naik ke level kedewasaan berikutnya. Ingatlah bahwa kita hidup untuk bertumbuh dan belajar.

Dan yang terakhir, bersabarlah, karena tak lama lagi, pertolongan dan penyelesaian akan segera datang. Jangan pernah takut dan curiga, karena segala yang tidak kita sukai, biasanya itulah yang terbaik buat kita. Dan ingatlah, Tuhan tidak akan menurunkan masalah kepada kita kecuali sudah disiapkan pula ending berupa kebahagiaan.

Tetap positif dan mari terus belajar.

2 comments:

  1. tarik napas, proaktif :D

    aku suka tulisanmu mas. tapi kalo boleh saran, akan lebih enak dibaca mungkin kalau antar paragraf dikasih space 1x enter biar ngga terlalu rapet rapet dan terkesan kepadatan hehe :)

    ReplyDelete
  2. Uuuw.....:3

    Makasih Kanya buat sarannyaa, siap laksanakan komandan.
    Tetap proaktif^^

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...