Saturday, July 3, 2010

Fenomena Lucid Dream

Mau bisa terbang, mau bisa makan sepuasnya???
Silakan simak note saya di bawah ini :)

Lucid Dream menurut wikipedia adalah fenomena dimana seseorang sadar bahwa dia sedang bermimpi dan ketika seseorang sadar akan mimpinya itu, maka ia bisa berpartisipasi dan bahkan memanipulasi jalannya mimpi tersebut. Istilah ini diperkenalkan oleh psychiatrist Frederik van Eeden (1860-1932)

Lucid Dream sendiri dapat dibedakan dari cara terjadinya, yaitu:


1. Dream-Initiated Lucid Dream (DILD) : Dimulai dari mimpi yang normal, kemudian di tengah-tengah mimpi, orang tersebut akan sadar bahwa dia bermimpi.

2. Wake-Initiated Lucid Dream (WILD) : Terjadi ketika seseorang dalam keadaan sadar memasuki kondisi tidur tanpa tiba-tiba. Jadi smooth gitu. Sering kan kita tiba-tiba dari sadar langsung tertidur?

3. Mnemonic-Initiated Lucid Dream (MILD): Nah yang ini terjadi ketika seseorang secara sadar menyatakan kepada dirinya bahwa dia akan mengalami "Lucid Dream" ketika ia tidur setelahnya. jadi yang ini terjadi secara sengaja gan.



Nah apa sih fungsi dari Lucid Dream ini? kenapa orang mau susah payah "sadar" waktu dia lagi mimpi? Banyak banget alasannya, salah satunya yaitu sebagai perawatan terhadap mimpi buruk alias "nightmare". Kan banyak tuh orang yang sering mengalami mimpi buruk, nah Lucid Dream ini bisa menjadi salah satu solusi biar ga sering mimpi buruk.

Trus manfaat lain apa? Nah kalo yang ini masih subjektif, kamu seneng ga bisa mimpi yang "indah-indah"? hehehe, dipersepsikan sendiri deh yang "indah-indah" itu gimana. Nah dengan metode Lucid Dream ini, semua itu bisa! mari kita lanjutgan!

Gimana sih caranya biar bisa Lucid Dream?

Nah ini dia yang ditunggu-tunggu, metode biar bisa mengalami Lucid Dream. Sebenernya sih ada banyak gan, nah ini saya jabarin yang gampang-gampang aja yah, klo mau yang lengkapnya bisa liat sendiri di link paling bawah.

1. Ingat-ingat mimpi anda
Mengingat mimpi sering dideskripsikan sebagai langkah pertama untuk menguasai Lucid Dream. Dengan mengingat mimpi, maka seseorang dapat meningkatkan kesadarannya tentang mimpi secara umum. Caranya gampang gan, setiap kamu bangun dari tidur, langsung aja dicatet di notebook, hape, bb, atau apalah tentang mimpi kamu biar keinget-inget terus. Atau bahasa kerennya, bikin Dream Journal anda sendiri. Rada repot ya? hehehe.

2. Stephen Laberge's MILD Technique
Salah satu cara gampang dari MILD technique ini adalah dengan menghitung jari anda SECARA SADAR SEBELUM TIDUR. Jadi itung jari anda dari 1-10 secara sadar dan mencapai jumlah yang benar (alias 10 hehe). Kalo ini dilakukan sering2 sewaktu anda sadar, kebiasaan ini akan tertular sewaktu anda mimpi dan dengan demikian anda akan sadar bahwa anda sedang bermimpi. Maka mimpi anda menjadi Lucid

Cara lainnya adalah anda mengingat-ingat point tertentu ketika anda sedang bermimpi. Ketika anda melihat keanehan, misalnya ada orang berkepala dua lagi jogging dan anda terbangun, maka ingat2 lagi orang berkepala dua tersebut sambil berusaha kembali tidur. Niscaya anda akan kembali ke scene yang sama di mimpi tersebut.

3. Reality Testing
Reality Test adalah metode yang digunakan orang untuk mengetahui apakah ia lagi mimpi atau tidak. Caranya adalah dengan melakukan sebuah aktivitas pada saat orang tersebut sadar dan hasil dari aktivitas tersebut biasanya akan berbeda ketika orang tersebut sedang mimpi. Apa aja nih reality testnya?

a. Coba pencet hidung anda sambil mencoba bernapas. Kalo anda masih bisa bernapas padahal hidung anda udah dipencet, berarti lagi mimpi.
b. Metode lainnya adalah dengan melihat Teks seperti Digital Clock, Road Sign, kemudian melihat arah lain secara sekilas kemudian melihat Teks tadi lagi. (Tentu saja ini dilakukan sewaktu anda mimpi) Nah kalau anda lagi mimpi, biasanya Teks tersebut akan berubah dan anda sadar bahwa anda sedang bermimpi.
c. Liat cermin! Kalo lagi mimpi biasanya bayangan anda di cermin ga jelas (blurry), bayangan anda berbeda (incorrect), bayangan anda berubah (distorted), atau bahkan yang di cermin tuh setan gan, alias nyeremin (frightening). Kalo ini harus hati-hati... bisa-bisa malah lanjut jadi nightmare
d. Cara paling standar ya Nyubit diri sendiri! atau dengan cara mendorong jari anda ke telapak tangan. Kalo tembus, ya lagi mimpi
e. Coba nyender ke dinding. Kalo lagi mimpi, biasanya juga tembus
f. Tanya orang-orang di sekitar anda "Apakah saya sedang bermimpi?" Kalo lagi mimpi sih, biasanya mereka jawab "Enggak, lo ga lagi mimpi kok". hahaha dasar pembohong.
g. dan masih banyak cara Reality Check lainnya seperti, menyala-matikan switch lampu, ngeliat jari tangan di satu tangan (klo lebih/kurang dari 5, ya lagi mimpi)

Nah biasanya kalo udah sadar bahwa anda sedang bermimpi, biasanya kan langsung bangun tuh. Ini ada beberapa cara mencegahnya. Yang pertama adalah, Putar tubuh anda dalam mimpi tersebut. dan yang kedua, saling menggosokkan kedua tangan anda. Kedua langkah ini dipercaya dapat memperpanjang mimpi seseorang.



Asik!! gw udah sadar kalo gw lagi mimpi, dan gw ga bangun dari tidur. Trus ngapain lagi dong?

Wah banyak gan! kemungkinannya ga terbatas! Bisa kaya film Matrix! Salah satunya ya, anda bisa coba terbang! Gimana cara terbang dalam mimpi? awalnya loncat-loncat dulu, kemudian lama-lama loncatnya bakal lebih tinggi. Atau cara gampang? coba loncat dari gedung tinggi!

Trus apalagi? wah kalo ditulis siih banyak... kamu bisa ngedate sama gebetan yang ga dapet-dapet, mimpi maen di Manchester United dan jadi top skorer liga inggris trus menang Quintuple, mimpi jadi bintang film hollywood juga bisa, bahkan mau jadi juga bisa, tergantung imajinasi kamu aja waktu mimpi dan cara menghandle Lucid Dream ini. Sebab kalo kamu lagi sadar sedang mimpi, maka kita bisa memanipulasi mimpi kita. Tentu saja harus berusaha dan belajar dulu. hehehe.

Fenomena Lucid Dream ini juga erat kaitannya dengan Sleep Paralysis, atau bahasa indonesianya "ketindihan", yang sebenarnya juga bukan sebuah fenomena supranatural melainkan scientific! ini adalah sebuah kondisi yang terjadi ketika kita tidur!

sumber:
http://en.wikipedia.org/wiki/Lucid_dream

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...